WARINGIN WAREHOUSE

IND  |   ENG  

Tips Penempatan Barang di Gudang

Tips Penempatan Barang di Gudang

Tips Penempatan Barang di Gudang

Untuk bisnis yang mempunyai banyak stok barang seperti ritel atau grosir, penyusunan barang di gudang menjadi tantangan tersendiri. Setelah berhasil memilih tempat jual gudang Surabaya Jakarta yang tepat untuk bisnis, sangat penting untuk memahami tips penyusunan barang di gudang. Dengan begitu maka pencarian barang di dalam gudang akan lebih mudah.

Cara Menyusun Barang Di Gudang Sehingga Lebih Rapi

Bagi yang masih bingung untuk menyusun stok barang di dalam gudang, berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan.

  1. Memilih Tempat Penyimpanan yang Pas

Apabila ingin sewa gudang Jakarta, usahakan untuk menghindari posisi gudang berada di lantai atas karena hal ini akan mempersulit aktivitas keluar masuk barang. Apabila mempunyai gudeg dengan ukuran sempit, cara untuk menyiasatinya yaitu dengan menambahkan tinggi rak untuk menyimpan stok barang.

Adapun material rak yang digunakan yaitu rak besi sehingga dapat menopang beban ratusan kg untuk setiap ambalan rak. Namun tentunya ukuran rak dapat disesuaikan dengan barang yang disimpan pada gudang.

  1. Susun Barang Sesuai Jenis dan Kategori

Saat menyusun barang di gudang, hal yang sangat penting diperhatikan yaitu menyusun barang sesuai kategorinya. Masih banyak orang yang mencampur dua jenis barang yang berbeda pada satu tempat. Padahal hal ini justru akan mempersulit dalam proses pencarian barang.

Tidak hanya itu, penyusunan barang pun akhirnya tidak rapi dan tidak teratur. Dengan menyusun barang sesuai kategori atau jenisnya, gudang pun akan tampak lebih rapi dan barang pun akan mudah untuk dijangkau saat dibutuhkan.

  1. Menyimpan Barang Sesuai Letaknya

Jika barang sudah disusun berdasarkan kategorinya, taruhlah barang berdasarkan letaknya masing-masing. Jangan meletakkan barang secara asal-asalan di dalam gudang. Kebiasaan buruk tersebut ternyata dapat menciptakan kesalahan fatal karena mempersulit proses pengambilan barang.

Cara yang paling bijak yaitu dengan menaruh barang ukuran besar di dekat pintu utama gudang. Sedangkan untuk barang yang ukuran kecil dan mudah diambil dapat diletakkan di area gudang bagian dalam.

  1. Menggunakan Label

Untuk penyusunan barang di dalam gudang, berikan label pada setiap barang yang disimpan. Hal ini merupakan cara yang tepat untuk diterapkan karena tujuannya untuk lebih mudah mengidentifikasi barang yang nantinya dicari.

Tips untuk menyusun barang yang kompleks gunakanlah label nomor urut di setiap barang. Hal ini akan memudahkan proses pengecekan sehingga tidak menemukan kebingungan.

  1. Memisahkan Barang Lama dan Barang Baru

Jika sudah berhasil memilih sewa gudang Surabaya untuk penyimpanan stok barang, alangkah baiknya untuk tidak mencampur barang yang baru dengan yang lama. Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi ternyata dapat mempersulit pengecekan barang, apalagi jika bisnis tersebut dijalankan di rumah. Lebih baik barang lama dikeluarkan terlebih dahulu, terutama jika barang tersebut mudah busuk.

Dengan tidak mencampurkan barang lama dengan barang baru maka akan lebih mudah dalam menghitung jumlah stok lama yang sudah terjual dan yang masih tersisa. Cara ini ternyata dapat membantu dalam mengurangi risiko kerugian. Di sisi lain, hal ini juga dapat membantu untuk menjaga kualitas barang supaya tetap bagus.

  1. Menyisakan Ruangan Pada Gudang

Dalam penyusunan barang di dalam gudang berilah ruang sisa atau jarak di setiap kategori barang. Jangan sampai perang diletakkan berjajar tanpa ada jarak. Pasalnya, hal ini akan mempersulit proses pengambilan peran serta akan memakan waktu lebih lama.

Untuk cara penyusunan barang di gudang sebenarnya hanya perlu melakukan beberapa cara di atas. Dengan begitu maka barang pun akan tersusun dengan rapi dan mudah dicari ketika dibutuhkan, apalagi untuk barang keperluan bisnis. Jika membutuhkan gudang untuk penyimpanan stok barang, bisa segera mencari informasi jual gudang Surabaya Jakarta.