WARINGIN WAREHOUSE

IND  |   ENG  

Tips Manajemen Gudang yang Baik

Tips Manajemen Gudang yang Baik

Tips Manajemen Gudang yang Baik

Tips Manajemen Gudang yang Baik – Perusahaan di Surabaya dan Jakarta yang memiliki gudang sebagai tempat produksi dan distribusi atau penyimpanan stok barang membutuhkan sistem manajemen gudang yang optimal. Apabila manajemen gudang tidak dilakukan dengan baik maka risikonya yaitu mengalami banyak kerugian. Selain tepat dalam memilih tempat untuk menjual gudang yang berada di Surabaya dan Jakarta, sistem manajemen gudang juga penting untuk diperhatikan supaya arus barang tertata secara teratur.

Inilah Cara Menerapkan Sistem Manajemen Gudang Untuk Bisnis

Demi meningkatkan kualitas produksi dan distribusi perusahaan, sistem manajemen gudang penting untuk diperhatikan. Berikut merupakan beberapa tips mengelola sistem manajemen gudang perusahaan sehingga lebih teratur.

  1. Membuat Data yang Akurat

Dalam membuat sistem manajemen gudang perusahaan harus memperhatikan pembuatan data yang akurat. Pasalnya, data gudang ada cukup banyak seperti data stok barang, pembelian, dan penjualan.

Untuk lebih optimal dalam mengelolanya ketahuilah data penjualan saat ini, periode lalu, dan target pemasaran serta forecast penjualan di periode selanjutnya. Pada dasarnya, data akurat dibutuhkan dalam menentukan forecast penjualan. Selain itu data tersebut juga digunakan untuk mengetahui bagaimana rencana marketing serta target yang diterapkan.

  1. Membuat Forecast Persediaan Barang

Tips selanjutnya dalam pengelolaan manajemen gudang yang harus diterapkan oleh perusahaan yaitu membuat forecast persediaan barang. Bagi perusahaan, mempunyai item yang jumlahnya sampai ratusan ribu merupakan tantangan tersendiri.

Dalam manajemen gudang pembuatan forecast ketersediaan stok barang memang tidak mudah karena perlu melakukan pengecekan alur stok. Meskipun demikian, hal ini menjadi cara untuk mengatur sistem manajemen gudang yang baik. Tujuannya yaitu untuk menekan risiko kehilangan stok barang jumlah kecil maupun besar.

  1. Melakukan Pengecekan Berkala

Untuk perusahaan yang memiliki gudang atau sewa gudang Jakarta, perlu melakukan pengecekan sebelum memasukkan barang baru ke gudang. Hal ini merupakan sistem manajemen gudang yang wajib dilakukan supaya risiko kerugian akibat kehilangan barang dapat ditekan.

Biasanya, pengecekan kembali dapat dilakukan sebelum kode diberikan supaya perusahaan bisa mengetahui ada tidaknya barang yang dicatat pada stok gudang. Ternyata hal ini juga dapat membantu perusahaan dalam menelusuri barang yang salah produksi, memiliki kecacatan, dan error lainnya.

Barulah setelah itu barang akan disimpan di warehouse atau gudang. Biasanya, barang yang mengalami kecacatan akan dikumpulkan di suatu tempat dan diberikan kode atau tanda khusus.

  1. Stok Barang Baru dan Lama Dipisahkan

Untuk menciptakan sistem manajemen gudang yang optimal, penting untuk memisahkan stok barang lama dan baru. Perlu diketahui bahwa dengan mencampurkan barang lama dan barang baru pada tempat yang sama ternyata dapat membuat kebingungan saat pengecekan stok barang.

Dalam sistem manajemen gudang pemisahan stok barang baru dan lama bertujuan untuk memudahkan perhitungan jumlah barang yang tersisa maupun yang sudah terjual. Oleh karena itu, letakkan di tempat yang berbeda antara barang lama dan barang baru.

  1. Mengatur Tata Letak Barang

Biasanya perusahaan akan melakukan sewa gudang Surabaya sesuai dengan kebutuhan penyimpanan barang. Untuk mengoptimalkan sistem manajemen gudang, pengaturan tata letak gudang juga harus dilakukan dengan baik sehingga lebih optimal.

Perusahaan perlu mengetahui kategori stok barang, sehingga dapat mengatur layout gudang. Hal ini penting dilakukan terutama untuk perusahaan bidang bisnis ritel yang barangnya mempunyai masa kadaluwarsa.

  1. Membuat Jadwal Persediaan Barang

Cara terakhir untuk menerapkan sistem manajemen gudang yang baik yaitu dengan membuat jadwal stok barang. Perusahaan dapat membuat jadwal pembelian barang pada supplier sehingga lebih mudah dalam mengerjakan forecast.

Itulah beberapa tips manajemen gudang yang baik sehingga dapat mengoptimalkan bisnis yang dijalankan. Untuk jenis bisnis apapun, khususnya yang memiliki persediaan barang jumlah besar selain tepat dalam memilih layanan jual gudang Surabaya Jakarta juga perlu memahami sistem manajemen gudang.

Baca Juga :