WARINGIN WAREHOUSE

IND  |   ENG  

Cari Gudang Dijual Dan Disewakan Jakarta Surabaya

Tips Melakukan Perawatan Gudang Bisnis

Sebagai salah satu ruangan yang sangat berperan penting dalam aktivitas logistik bisnis gudang pun membutuhkan perawatan yang baik sehingga stok barang tersimpan dengan rapi dan bersih. Setelah mendapatkan tempat jual gudang Surabaya Jakarta yang sesuai dengan bisnis jangan lupa untuk melakukan perawatan gudang.

Sebenarnya perawatan gudang tidak sulit, asalkan memperhatikan beberapa hal. Meskipun demikian, masih ada juga orang yang mengabaikan perawatan gudang dan menganggap gudang sekedar tempat penyimpanan barang bekas saja.

Inilah Cara Merawat Gudang Supaya Selalu Awet

Gudang yang terawat tentunya lebih mempermudah untuk mencari dan mengelola barang yang ada. Selain itu juga untuk menghindarkan dari berbagai sumber penyakit. Untuk itu jangan malas untuk melakukan perawatan gudang.

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat gudang sehingga tetap awet.

  1. Perawatan Gudang Sesuai Waktu

Kondisi gudang setiap perusahaan tentu berbeda-beda. Hal inilah yang akhirnya membuat perawatan gudang pun juga tidak sama. Bagi perusahaan yang sewa gudang Jakarta untuk aktivitas logistik dengan intensitas yang tinggi, misalnya sering bolak-balik ke gudang dengan rutin, alangkah baiknya lakukan perawatan setiap hari.

Begitupun sebaliknya, ketika gudang hanya sebagai tempat penyimpanan barang atau stok dan jarang dikunjungi, maka dapat merawat gudang dalam waktu berkala. Adapun waktu untuk perawatan gudang bisa seminggu sekali. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya perawatan gudang jauh lebih efektif.

  1. Perawatan Gudang Sesuai Jenis Barang

Secara umum fungsi sewa gudang Surabaya yaitu sebagai tempat untuk menyimpan berbagai jenis barang. Namun cobalah perhatikan, material utama yang digunakan dalam proses produksi setiap perusahaan tidaklah sama. Cara melakukan perawatan gudang akan lebih mudah dengan mengenali kriteria material di dalam gudang terlebih dahulu sehingga akan lebih mudah untuk mengelolanya.

Di dalam gudang, barang-barang disimpan di tempatnya sesuai dengan ukuran dan jenisnya. Hal ini bertujuan supaya gudang tampak lebih bersih, rapi, dan tidak cepat kotor.

  • Material Logam

Bagaimana perawatan gudang di suatu perusahaan yang digunakan untuk menyimpan barang dengan material seperti lemari besi, meja besi, brankas, dan lain-lain? Cara perawatan paling tepat yang dapat dilakukan yaitu dengan mengoleskan minyak di material tersebut.

Untuk lebih melindungi material logam yang ada di gudang alangkah baiknya dibungkus menggunakan kertas khusus. Tujuannya yaitu supaya barang dari logam tersebut tidak berkarat sehingga lebih awet dan tahan lama. Apalagi jika suatu waktu nanti perlu dikeluarkan karena ada pemesanan.

  • Material Kertas

Ada banyak sekali perusahaan yang memiliki gudang logistik untuk menyimpan barang dari kertas. Perawatan material kertas di gudang tentu berbeda dengan perawatan material dari logam, karena beda material maka cara perawatannya pun berbeda.

Untuk material kertas, perawatan yang paling umum yaitu dengan memberikan kapur barus sehingga barang yang ada di gudang tidak dimakan serangga. Apalagi kertas sangat rawan untuk rusak atau koyak karena dimakan serangga seperti rayap.

Selain itu, gudang untuk area penyimpanan material kertas juga harus ada di tempat kering. Hal ini untuk menghindari material kertas cepat rusak. Tingkat kelembaban di dalam gudang harus diperhatikan dengan baik pula.

  • Material Kayu

Selain dua material di atas, gudang juga sering digunakan untuk menyimpan barang-barang dengan bahan kayu. Misalnya yaitu furniture seperti lemari, kursi, meja, dan furniture lainnya dari bahan kayu. Untuk perawatan barang dari kayu yang tersimpan di gudang, gunakanlah semprotan anti rayap. Dengan begitu maka material pun akan lebih awet dan tahan lama.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat gudang sehingga barang-barang di dalamnya tetap rapi dan awet. Untuk memilih tempat jual gudang Surabaya Jakarta, pastikan sesuai dengan keperluan bisnis. Apalagi gudang menjadi tempat yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.